Tutorial Marketing Plan ''NUR IMA Tour & Travel''



Marketing Plan

Berikut adalah Marketing Plan yang dapat ikuti untuk memasarkan usaha Tour & Travel Anda.
Sebelum Anda mempelajari Marketing Plan berikut, secara umum ada 3 jenis income atau pendapatan yang bisa mengantarkan Anda untuk mencapai impian atau goal Anda. Berikut ketiga jenis income tersebut:
  1. Active Income
    Untuk mendapatkan active income, Anda tentu harus aktif berjualan. Dengan kata lain, Anda harus siap menukar waktu Anda dengan uang, misalnya menjual sendiri secara langsung tiket, hotel, umroh, dan produk Tour & Travel lainnya kepada konsumen.
  2. Passive Income
    Passive income ini bisa disebut sebagai royalti atau penghasilan atas transaksi yang didapatkan walau kita tidak aktif menjual. Untuk mendapatkan jenis income yang satu ini, Anda harus mengedukasi dengan baik Agen baru Anda agar bisa melakukan penjualan tiket dengan lancar. Karena dari setiap penjualan tiket pesawatnya, tanpa mengurangi keuntungan Agen tersebut sebagai Distributor Anda akan mendapatkan 10% dari setiap keuntungan penjualan yang akan masuk secara langsung ke rekening virtual account OCBC NISP Anda.
  3. Massive IncomeIncome yang satu ini bisa kita dapatkan ketika dengan sekali atau dua kali kerja bisa langsung mendapatkan penghasilan yang besar. Dari bisnis Tour & Travel, misalnya dengan menjual sistem keagenan, paket Tour, Umroh dengan sekali berangkat lebih dari 100 orang dan lain-lain, atau menjual produk-produk Tour & travel dengan profit besar.
Bagaimana cara Anda mendapatkannya?
Marketing Plan untuk Pemasaran secara Online:
  • Tentukan media sosial yang akan Anda gunakan sebagai media promosi. Kami sarankan menggunakan Facebook berhubung fiturnya yang paling lengkap jika dibandingkan media sosial lainnya. Selain Anda bisa mengupdate status dalam profil pribadi berhubungan dengan kegiatan promosi usaha Anda secara gratis, Anda juga dapat menggunakan fitur Facebook Ads untuk bentuk pengembangan yang lebih luas dari marketing campaign berbayar Anda.
  • Gunakan Chat Apps seperti BBM, WhatsApp dan Line sebagai media untuk melakukan follow up dan membangun hubungan yang baik dengan prospek dan customer. Dalam kasus tertentu, Chat Apps tersebut bisa juga Anda gunakan sebagai sarana promosi Anda.
  • Selain menggunakan profil Anda sebagai fasilitator bisnis Anda, website juga memegang peranan penting. Anda dapat menggunakan website tersebut sebagai portofolio usaha Anda, tempat meng-update informasi terbaru agar bisa diketahui secara luas market Anda. Khusus Distributor, calon Agen dan Distributor Anda bisa melakukan registrasi secara langsung via website Anda.
  • Berhubung Anda melakukan pemasaran secara online, tidak melakukan tatap muka secara langsung, Anda harus membangun yang namanya kepercayaan terlebih dahulu. Untuk kepercayaan sendiri itu dibangun bukan muncul secara tiba-tiba. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah mengumpulkan bukti dan testimoni. Tentunya yang valid dan autentik. Sebagai start awal, Anda bisa melakukan promosi terlebih dahulu kepada keluarga, teman dekat, atau rekan kerja. Cari dulu calon pelanggan dari lingkaran sosial terkecil Anda, dimana sudah ada kepercayaan yang terbangun lebih dahulu dengan Anda. Yang mana mereka tidak akan mungkin berpikir bahwa Anda itu hendak menipu mereka. Setelah berhasil, tugas Anda adalah mengumpulkan semua bukti dalam bentuk dokumentasi pembelian tiket pesawat mereka, bukti transfer, dan terlebih Anda bisa menandai mereka (tag) dalam status Anda jika promosi dilakukan menggunakan Facebook. Hal tersebut dapat meningkatkan nilai autentisitas keabsahan promosi Anda. Secara tidak langsung Anda akan menyampaikan pesan bahwa usaha Anda ini memang benar-benar berjalan dan bisa dipercaya.
  • Kumpulkan semua bukti-bukti tersebut lebih banyak lagi sebagai persiapan Anda memasuki market atau calon pelanggan yang sama sekali belum Anda kenal. Setelah itu Anda bisa mulai menambahkan teman atau calon pelanggan baru yang belum Anda kenal melalui Facebook yang sekiranya mungkin membutuhkan jasa di dalam usaha Anda yang bisa Anda ukur dari misalnya latar belakang umur dan pekerjaan yang bisa dilihat lengkap melalui Facebook.
  • Setelah usaha Anda sudah cukup dikenal oleh market Anda, sudah merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk bisa mulai mempromosikan peluang usaha ini (keagenan) kepada orang yang tertarik untuk itu. Promosi bisa Anda lakukan dengan cara membagikan gambar-gambar promo dan penjelasan usaha yang mana Anda akan dapatkan nantinya dari Kami berupa marketing kit yang bisa tinggal Anda gunakan saja tanpa harus memerlukan kemampuan desain yang mumpuni.
  • Anda akan kami tuntun bagaimana membuat status promosi yang baik, yang ditunjang dengan marketing kit yang kami berikan agar promosi Anda lebih maksimal.
  • Pada tahap ini, Anda bisa melakukan pengulangan. Dengan semakin banyaknya Cabang (agen/distributor) yang Anda miliki, kepercayaan orang lain kepada Anda akan semakin meningkat. Anda bisa menggunakan dasar tersebut untuk bisa mulai membuat event baik itu seminar maupun workshop dengan tema kewirausahaan dimana momentum ini merupakan momentum terbaik untuk mendapatkan Agen dan Distributor baru secara masal (omset ratusan juta bisa didapat dalam beberapa jam).
  • Pada tahap terakhir ini Anda tinggal membuat pengulangan. Semakin banyak Agen baru yang Anda miliki baik yang dibuka di daerah Anda maupun daerah lain, maka semakin besar passive income (peternakan uang) yang Anda dapatkan tanpa bekerja untuk investasi jangka panjang dengan goal time & financial freedom.
Marketing Plan untuk Pemasaran secara Offline:
  • Anda bisa mulai dengan menyewa ruko untuk menjadi kantor usaha Anda. Jika Anda saat ini masih memiliki budget yang minim, Anda bisa memulainya dari teras rumah Anda.
  • Jika Anda ingin membuka kantor, carilah lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh publik.
  • Siapkan fasilitas penunjang Anda. Minimal Komputer/Laptop, koneksi internet dan printer untuk mencetak tiket.
  • Cetak banner untuk usaha Anda. Bisa dalam bentuk poster maupun X-banner. Sebagai Agen maupun Distributor, Anda akan mendapatkan desainnya dari kami.
  • Untuk awal pembukaan, Anda bisa membuat semacam event peresmian untuk mengundang perhatian masa.
  • Pasang umbul-umbul disepanjang jalan dengan persetujuan aparat pemerintahan setempat.
  • Bagikan brosur disetiap kesempatan.
  • Jika memiliki budget lebih Anda bisa memanfaatkan promosi juga melalui koran maupun radio.
  • Setelah usaha Anda telah berjalan, Anda bisa mulai melakukan penetrasi untuk membuka kesempatan bagi orang lain untuk bisa membuka juga usaha serupa. Tentunya dengan syarat harus berbeda lokasi atau wilayah dengan tempat usaha Anda. Selain mendapatkan keuntungan tambahan dari biaya pendaftaran mereka, semakin banyak Agen Anda, semakin besar passive income yang Anda dapatkan (khusus Distributor). Penetrasi dapat dilakukan dengan membuat event seminar, workshop, talkshow melalui radio maupun iklan baris pada koran.
  • Jika saat ini posisi Anda masih sebagai Agen, gunakan keuntungan yang Anda dapatkan untuk segera upgrade untuk menjadi Distributor untuk mendapatkan pola keuntungan yang lebih maksimal.
Selain 2 metode tersebut Anda juga bisa menggunakan metode hybrid yaitu penggabungan antara metode pemasaran secara online maupun offline untuk memperbesar omset bisnis Anda.
Tips Membangun Networking Bisnis
  • Agar bisnis lebih maju, kita harus mencari teman atau relasi sebanyak mungkin. Pasalnya,No Networking = Not Working. You’re Not Working Unless You’re Networking!
  • Berikut 7 langkah mudah membangun networking:
  1. Buat Kartu Nama
    Kartu nama bisa menjadi proposal mini bisnis kita. Maka, sebaiknya data yang ditulis pada kartu nama lengkap, misalnya nama, alamat kantor, nomor kontak, seperti nomor HP, PIN BBM, dan nomor WhatsApp, serta alamat website, bahkan kalau perlu dilengkapi dengan foto. Manfaatkan juga halaman belakang kartu nama Anda untuk logo-logo perusahaan besar yang mendukung kegiatan Anda. Cara ini dapat meningkatkan value usaha Anda. Anda bisa juga mencantumkan jenis-jenis produk atau jasa yang hendak Anda tawarkan pada kartu Anda.
  2. Aktif Berkenalan di Mana Saja
    Mulailah aktif duluan menyapa dimanapun, misalnya saat naik pesawat, naik angkutan umum, atau mengunjungi tempat lainnya. Cara memulai percakapan bisa dengan pertayaan sederhana, misalnya “Mau kemana Pak? atau “Mau ke Jakarta ya?”, baru kemudian bisa dilanjutkan dengan tema berikutnya dan saling bertukar nomor kontak atau kartu nama.
  3. Ikut Organisasi/Komunitas/Member Club
    Sebaiknya ikutlah organisasi yang sesuai hobi kita atau memang bagus dan mendukung kegiatan usaha kita. Dalam hal ini misalnya komunitas traveling karena sudah tentu berisi orang-orang yang suka berjalan-jalan dan pastinya membutuhkan orang seperti Anda sebagai pebisnis Tour & Travel. Meski begitu, bukan berarti menjadi member club fitness center atau klub olahraga tidak penting dan tidak mendukung usaha Anda. Tempat-tempat seperti itu justru biasanya menjadi ajang berkumpul para pebisnis yang tentu dalam kesehariannya tak lepas dari mobilitas yang ujung-ujungnya alat transportasi. Bagus pula jika Anda bergabung dengan organisasi sosial. Buat hubungan baik dengan orang-orang yang berpengaruh seperti ustad, atau pemuka Agama sebagai contohnya sebagai fasilitator simbiosis mutualisme untuk usaha Anda. Anda akan lebih mudah memperkenalkan sesuatu kepada komunitas yang baru jika Anda sudah terlebih dahulu membangun hubungan yang baik dengan orang yang mereka segani (teknik endorsement).
  4. Media Sosial
    Media sosial adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk menambah teman di dunia maya, yang tak jarang berujung di dunia real. Buat profil di media sosial kita, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang sejenisnya semenarik mungkin. Gunakan identitas asli selengkap-lengkapnya, tampilkan gambar sampul yang elegan. Jangan terlalu sering mengupload status promo di media sosial Anda, selingi juga dengan status motivasi atau informasi yang menarik, misalnya seputar tempat wisata, kuliner, gaya hidup, dan lain-lain.
  5. Milis & Forum di Dunia Maya
    Ketika kita sudah tergabung di milis atau forum, efek promosi yang kita lakukan biasanya akan berefek multiple. Sekali promo, semua anggota yang ada di forum tersebut bisa mengetahuinya. Tak hanya itu, antar sesama anggota biasanya sudah terbangun kedekatan kareka memiliki misi yang sama.
  6. Hadiri Undangan-Undangan
    Hadirilah undangan reuni, ulang tahun, pernikahan, acara komunitas, dan undangan-undangan lainnya. Dalam acara-acara seperti itu, kita bisa mendapatkan kesempatan bertemu dengan teman-teman lama atau teman-teman baru dari kenalan teman kita.
  7. Hadiri Acara Launching, Grand Opening, dan Acara Sejenis
    Cara tahu info seputar launching dan grand opening suatu perusahaan, misalnya perusahaan mobil, properti, dan lain sebagainya. Mereka biasanya akan menginformasikan acara-acara seperti itu di media massa seperti majalah dan koran. Umumnya yang datang ke acara tersebut berasal dari kalangan menengah ke atas, yang hampir bisa dipastikan kerap melakukan perjalanan-perjalanan, entah menyangkut bisnis maupun pribadi. Berlanggananlah beberapa koran, offline atau online, untuk mendapatkan informasi seputar acara-acara seperti itu dengan lebih update.

  1. Fasilitas Agen

    Fasilitas umum sebagai Agen Resmi sebagai berikut:
    1. Surat / Sertifikat Resmi sebagai AGEN (sertifikat resmi keagenan).
    2. 1 user id yang berlaku seumur hidup
    3. Member Card
    4. Sistem Reservasi Online 24 jam
    5. Panduan Transaksi
    6. Training Online maupun Offline
    7. Layanan Transaksi dan konsultasi 24 jam
    8. Dibimbing sampai bisa
    9. Diskon 50% pembuatan website travel (landing page atau autopilot, auto-booking, auto-issued)
    10. Desain Spanduk Tour & Travel
    11. Desain Kartu Nama
    Bonus yang akan Anda dapatkan sebagai Agen adalah sebagai berikut:
    1. eBook “Panduan Lengkap A-Z Bisnis Travel bersama AgenTravel.id” senilai Rp. 150.000,-
    2. Rekening virtual bank OCBC NISP atas nama PT. untuk meningkatkan trust customer Anda tanpa harus Anda kesulitan dalam mengurus perizinan rekening atas nama PT.
    3. Software Spider untuk mengecek harga paling murah di seluruh dunia
    4. Softcopy audio motivasi Bisnis senilai Rp. 250.000,-
    5. Bebas mengikuti seminar dari David Kristianto, Founder & CEO AgenTravel.id HTM Rp. 100.000,- gratis
    6. 1 voucher member card Tour & Travel Online Akademi kelas PLATINUM senilai 1.5jt (Komunitas Pelatihan Travel Agent Indonesia)
    7. Garansi rusak tukar baru tanpa ditanya
    8. Software accounting untuk pembukuan cashflow anda
    Total bonus senilai Rp. 2.000.000,- khusus untuk pendaftaran sebagai Agen Resmi kami.
  2. Keuntungan Agen
    1. Hasil penjualan tiket pesawat, misalkan kita ambil sampel keuntungan rata-rata
      minimal 40rb per tiket. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40 tiket
      dengan asumsi rata-rata penjualan 10 tiket per minggu, maka keuntungan
      Anda 40 x 40rb = Rp. 1.600.000,-
    2. Hasil penjualan tiket kereta api, dengan keuntungan rata-rata Rp. 3.500,- per
      tiket. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40 tiket dengan asumsi rata-rata
      penjualan 10 tiket per minggu, maka keuntungan Anda 40 x Rp. 3.500,- = Rp.
      140.000,-
    3. Hasil penjualan voucher hotel. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40
      voucher dengan asumsi rata-rata penjualan 10 voucher per minggu, maka
      keuntungan Anda 40 x Rp. 20.000,- = Rp. 800.000,-
    4. Hasil penjualan paket Tour (keseluruhan paket Tour yang tersedia bisa dilihat
      di www.KlikTWC.co.id untuk Tour Domestik, Asia maupun Eropa). Misalkan
      dalam 1 bulan misalkan ada 1 keberangkatan dengan group terdiri dari 20
      orang dengan sampel keberangkatan ke salah satu negara di Asia dengan total
      biaya keberangkatan Rp. 120.000.000,-. Keuntungan Anda, 5% x Rp.
      120.000.000,- = Rp. 6.000.000,-
    5. Hasil penjualan paket Umroh. Misalkan dalam 1 bulan Anda bisa
      memberangkatkan 1 jamaah, maka keuntungan Anda = Rp. 1.750.000,-. Jika
      Anda bisa memberangkatkan 5 jamaah, maka Anda bisa mendapatkan 1
      keberangkatan umroh gratis.
    6. Hasil penjualan jasa Cargo Lion Express (pengiriman barang/dokumen). Jika
      dalam 1 bulan Anda bisa melakukan pengiriman 40 items dengan asumsi
      rata-rata 10 items per minggu, dengan biaya pengiriman masing-masing
      item rata-rata Rp. 75.000,- maka 10% x Rp. 75.000,- = Rp. 7.500,- x 40 items
      Rp. 300.000,-
    7. Hasil penjualan Pulsa Elektrik dengan keuntungan rata-rata Rp. 1.600,-
      dengan jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 600 transaksi x Rp. 1.600,- = Rp. 960.000,-
    8. Hasil penjualan Pulsa Listrik dengan keuntungan rata-rata Rp. 1.000,- dengan
      jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1 bulan 600
      transaksi x Rp. 1.000,- = Rp. 600.000,-
    9. Hasil penjualan layanan PPOB (pembayaran segala macam tagihan, listrik
      bulanan, air, telepon, voucher game online dll). Misalkan kita menentukan
      biaya admin pada umumnya Rp. 2.500,- dengan jumlah transaksi bulanan 200
      transaksi, maka 200 x Rp. 2.500,- = Rp. 500.000,-
    10. Hasil penjualan Tiket Bioskop dengan keuntungan Rp. 2.500,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 600 transaksi x Rp. 2.500,- = Rp. 1.500.000,-
    11. Hasil penjualan Tiket Bus Travel dengan keuntungan Rp. 5.000,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 10 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 300 transaksi x Rp. 5.000,- = Rp. 1.500.000,-
    12. Hasil penjualan Tiket Watherboom dengan keuntungan 50% dari harga tiket. Sampel harga tiket 50% dari harga tiket anak kecil Rp. 125.000,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 1 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 30 transaksi x Rp. 125.000,- = Rp. 3.750.000,-
    13. Hasil penjualan paket Haji Plus. Misalkan dalam 1 bulan Anda bisa
      memberangkatkan 1 jamaah, maka keuntungan Anda = Rp. 3.500.000,-
    14. Hasil komisi layanan setor tunai/kirim uang bebas markup. Misalnya Anda tentukan biaya admin Rp. 2.500,- dengan jumlah transaksi harian 4 transaksi, dengan total transaksi dalam 1 bulan 120 transaksi x Rp. 2.500,- = Rp. 150.000,-
    Total proyeksi keuntungan Agen dalam 1 bulan: Rp. 23.200.000,-
    (Keterangan: Keuntungan Anda bisa jadi lebih kecil, maupun lebih besar sesuai dengan tingkat ketekunan Anda dalam menjalankan dan seberapa tinggi action Anda dalam mempraktekan ilmu-ilmu management yang kami berikan. Sebagai Agen Resmi Anda bisa meningkatkan potensi penghasilan Anda dengan membuat kerja sama dengan berbagai perusahaan maupun instansi, promosi pada surat kabar, radio, maupun televisi, ataupun promosi gratis menggunakan Internet Marketing, dengan pemasaran melalui sosial media seperti Facebook, BBM dll).


    Fasilitas Distributor

    Fasilitas umum sebagai Dealer (distributor) sebagai berikut:
    1. Surat / Sertifikat Resmi sebagai DISTRIBUTOR (sertifikat resmi keagenan).
    2. 1 user id yang berlaku seumur hidup
    3. Member Card
    4. Sistem Reservasi Online 24 jam
    5. Panduan Transaksi
    6. Training Online maupun Offline
    7. Layanan Transaksi dan konsultasi 24 jam
    8. Dibimbing sampai bisa
    9. Diskon 50% pembuatan website travel (landing page atau autopilot, auto-booking, auto-issued)
    10. Desain Spanduk Tour & Travel
    11. Desain Kartu Nama
    Fasilitas khusus dan Bonus yang akan Anda dapatkan sebagai Dealer (distributor) sebagai berikut:
    1. 1 ID Distributor limited (bisa mendaftarkan 1000 Agen baru) atau 1 ID Distributor (unlimited) bebas mendaftarkan Agen maupun Distributor langsung ke sistem tanpa batas
    2. Mendapatkan 10% dari keuntungan penjualan tiket agen yang didaftarkan
    3. Mendapatkan 1 website usaha dengan nama web bebas ditentukan sendiri, seharga 1.5jt tanpa tambahan biaya
    4. Mendapatkan membership keanggotaan program pelatihan Kami di Tour & Travel Online Akademi kelas platinum (premium) seharga 1.5jt, tanpa tambahan biaya tambahan
    5. Bebas mengikuti setiap seminar yang Kami adakan
    6. Dapat audio motivasi Bisnis seharga 250rb
    7. Dapat ebook kumpulan teknik closing senilai 300rb
    8. Dapat ebook teknik copywriting senilai 200rb
    9. Garansi rusak tukar baru tanpa ditanya
    10. Bonus Software accounting untuk pembukuan cashflow Anda
    11. Garansi 100% uang kembali dari Kami, bisa memiliki omset minimal 10jt/bulan dalam 7 bulan atau kurang
    12. Full support masalah teknis dan pembekalan bisnis beserta management operasional (branding, marketing, customer behaviour study) sampai bisa menjalankan usaha ini secara mandiri
    Total bonus senilai Rp. 3.750.000,- khusus untuk pendaftaran sebagai Dealer (Distributor) Resmi Kami.



    Keuntungan Distributor

    1. Hasil penjualan tiket pesawat, misalkan kita ambil sampel keuntungan rata-rata
      minimal 40rb per tiket. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40 tiket
      dengan asumsi rata-rata penjualan 10 tiket per minggu, maka keuntungan
      Anda 40 x 40rb = Rp. 1.600.000,-
    2. Hasil penjualan tiket kereta api, dengan keuntungan rata-rata Rp. 10.500,- per
      tiket. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40 tiket dengan asumsi rata-rata
      penjualan 10 tiket per minggu, maka keuntungan Anda 40 x Rp. 3.500,- = Rp.
      140.000,-
    3.  Hasil penjualan voucher hotel. Jika dalam 1 bulan Anda bisa menjual 40
      voucher dengan asumsi rata-rata penjualan 10 voucher per minggu, maka
      keuntungan Anda 40 x Rp. 20.000,- = Rp. 800.000,-
    4. Hasil penjualan paket Tour (keseluruhan paket Tour yang tersedia bisa dilihat
      di www.KlikTWC.co.id untuk Tour Domestik, Asia maupun Eropa). Misalkan
      dalam 1 bulan misalkan ada 1 keberangkatan dengan group terdiri dari 20
      orang dengan sampel keberangkatan ke salah satu negara di Asia dengan total
      biaya keberangkatan Rp. 120.000.000,-. Keuntungan Anda, 5% x Rp.
      120.000.000,- = Rp. 6.000.000,-
    5. Hasil penjualan paket Umroh. Misalkan dalam 1 bulan Anda bisa
      memberangkatkan 1 jamaah, maka keuntungan Anda = Rp. 1.900.000,-. Jika
      Anda bisa memberangkatkan 5 jamaah, maka Anda bisa mendapatkan 1
      keberangkatan umroh gratis.
    6. Hasil penjualan jasa Cargo Lion Express (pengiriman barang/dokumen). Jika
      dalam 1 bulan Anda bisa melakukan pengiriman 40 items dengan asumsi
      rata-rata 10 items per minggu, dengan biaya pengiriman masing-masing
      item rata-rata Rp. 75.000,- maka 10% x Rp. 75.000,- = Rp. 7.500,- x 40 items
      Rp. 300.000,-
    7. Hasil penjualan Pulsa Elektrik dengan keuntungan rata-rata Rp. 1.600,-
      dengan jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 600 transaksi x Rp. 1.600,- = Rp. 960.000,-
    8. Hasil penjualan Pulsa Listrik dengan keuntungan rata-rata Rp. 1.000,- dengan
      jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1 bulan 600
      transaksi x Rp. 1.000,- = Rp. 600.000,-
    9. Hasil penjualan layanan PPOB (pembayaran segala macam tagihan, listrik
      bulanan, air, telepon, voucher game online dll). Misalkan kita menentukan
      biaya admin pada umumnya Rp. 2.500,- dengan jumlah transaksi bulanan 200
      transaksi, maka 200 x Rp. 2.500,- = Rp. 500.000,-
    10. Hasil penjualan Tiket Bioskop dengan keuntungan Rp. 2.500,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 20 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 600 transaksi x Rp. 2.500,- = Rp. 1.500.000,-
    11. Hasil penjualan Tiket Bus Travel dengan keuntungan Rp. 5.000,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 10 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 300 transaksi x Rp. 5.000,- = Rp. 1.500.000,-
    12. Hasil penjualan Tiket Watherboom dengan keuntungan 50% dari harga tiket. Sampel harga tiket 50% dari harga tiket anak kecil Rp. 125.000,- / tiket
      dengan jumlah transaksi harian 1 transaksi, dengan total transaksi dalam 1
      bulan 30 transaksi x Rp. 125.000,- = Rp. 3.750.000,-
    13. Hasil penjualan paket Haji Plus. Misalkan dalam 1 bulan Anda bisa
      memberangkatkan 1 jamaah, maka keuntungan Anda = Rp. 3.500.000,-.
    14. Hasil komisi layanan setor tunai/kirim uang bebas markup. Misalnya Anda tentukan biaya admin Rp. 2.500,- dengan jumlah transaksi harian 4 transaksi, dengan total transaksi dalam 1 bulan 120 transaksi x Rp. 2.500,- = Rp. 150.000,-
    15. Hasil pendaftaran Agen & Dealer (distributor) baru. Misalkan Anda
      menentukan biaya pendaftaran Agen Rp. 1.500.000,- dan harga pendaftaran
      sebagai dealer (distributor) limited Rp. 2.500.000,- , unlimited Rp.
      5.000.000,-. Misalkan sebagai Dealer (distributor) unlimited yang sudah bisa
      mendaftarkan Agen dan Dealer (distributor) baru dalam 1 bulan Ada 4 agen
      baru yang mendaftar langsung kepada Anda, dan 1 dealer (distributor) limited,
      maka keuntungan Anda 4 x Rp. 1.500.000,- = Rp . 6.000.000,- + Rp.
      2.500.000,- = Rp. 4.500.000,-. (jika posisi Anda masih sebagai Dealer
      (distributor) limited, maka potensi keuntungan Anda cenderung lebih kecil
      karena belum bisa mendaftarkan Dealer (distributor) secara langsung
      melalui sistem Anda, tetapi bisa juga dimaksimalkan dengan banyaknya
      pendaftaran Agen Anda). Maka keuntungan bersih Anda dari pendaftaran
      Agen dan Dealer (distributor) pada bulan tersebut adalah Rp. 13.000.000,-
      bersih menjadi milik Anda tidak lagi disetorkan kepada kami, karena sekali lagi
      Anda telah menjadi Dealer (distributor) resmi Kami.
    16. Berikut Analisis keuntungan dari passive income. Misalkan dalam 1 hari agen
      melakukan penjualan 1 tiket garuda dengan harga 2jt sekian. Dari penjualan
      tersebut Agen mendapatkan keuntungan sebagai sampel 50rb. Anda
      mendapatkan keuntungan secara passive tanpa mengurangi keuntungan agen
      sebesar 10% x 50rb = 5rb. Misalkan dalam 1 hari agen tersebut bisa menjual 10
      tiket. Keuntungan secara passive 50rb. Dalam 1 bulan = 1.5jt tanpa bekerja
      Misalkan Anda nantinya punya 10 agen = Rp. 15.000.000,- / bulan bersih dari passive income
      diluar active income dan penjualan tiket Anda dan keseluruhan ke-19 hak usaha
      diatas.
    Total proyeksi keuntungan Dealer (distributor) dalam 1 bulan: Rp. 51.200.000,-
    (Keterangan: Keuntungan Anda bisa jadi lebih kecil, maupun lebih besar sesuai dengan tingkat ketekunan Anda dalam menjalankan dan seberapa tinggi action Anda dalam mempraktekan ilmu-ilmu management yang kami berikan. Sebagai Dealer (distributor) Anda bisa meningkatkan potensi penghasilan Anda dengan membuat seminar, promosi pada surat kabar, talk-show radio, maupun televisi, ataupun promosi gratis menggunakan Internet Marketing, dengan pemasaran melalui sosial media seperti Facebook, BBM dll).    



    Panduan Booking Tiket Pesawat

    1. Silahkan login ke https://agentravel.id dan klik login
    2. Masukkan username dan password Anda
    3. Jika Customer ingin melanjutkan Booking salah satu Airline yang di infokan, Maka Anda akses menu Agent – Airlines – Booking


















                      4.Masukan Route keberangkatan, tujuan dan jumlah penumpang
                
              5.Klik tanda + di samping nama Airline dan lihat jam sesuai yang di infokan pertama, klik di yang ada angkanya (dari gambar dibawah artinya masih tersedia 7 seat), beri tanda checklist dengan klik pada kotak disamping kiri MDC-BTH
          
           6.Huruf menunjukkan kelas-kelas dalam 1 pesawat, dan angka menunjukkan sisa seat. Klik pada lingkaran kecil di jadwal yang diinginkan maka harga akan muncul.
             7.Isi nama penumpang sesuai KTP/SIM/Pasport , no HP penumpang. untuk email tetap diisi email agent , klik Booking maka secara otomatis akan keluar kode booking seperti gambar di bawah ini


8.Untuk melihat detail bookingan anda, klik BOOKING CODE yang tercantum. Maka muncul seperti gambar berikut:


9.Klik Ticket Now jika Anda hendak Issued tiket
                                 10.Klik Show NTA jika mau lihat harga dasar pokok tiket untuk agent. Komisi buat agent adalah harga tiket – harga NTA
                                    11.Semua bookingan Anda yang belum diisued akan muncul di menu Agent – Airlines – Ticketing Queue


Panduan Top Up Deposit / Pembayaran

  1. Silakan pilih link untuk top up salah satu diantara bank ini:
    transaksi.klikmbc.co.id/bca
    transaksi.klikmbc.co.id/mandiri
    transaksi.klikmbc.co.id/bri
    transaksi.klikmbc.co.id/bni
  2. Akan muncul tampilan seperti berikut:

  3. Klik SAYA MENGERTI, LANJUTKAN
  4. Lengkapi form Top Up dengan mengisi semua kolom yang diminta

5.Perhatikan nominal yang harus ditransfer harus sama persis dengan yang ada pada “Total nominal yang harus Anda transfer”. Biasanya ditambahkan 3 angka unik di belakang nominal untuk mempermudah system dalam mengenali transaksi Anda. Transfer harus sesuai dengan nominal yang sudah ditambahkan 3 angka unik dibelakangnya.

6.Klik Disini Untuk Proses

7.Lakukan transfer baik melalui SMS-Banking, ATM, m-Banking, maupun i-Banking Anda
  8.Jika anda transfer tidak sesuai dengan angka yang tertera, maka deposit anda tidak akan masuk. Silakan gunakan Transaksi Manual untuk memprosesnya dan dikenakan biaya Rp 5000.
9.Biasanya top up akan masuk ke deposit dalam waktu 1-2 menit.

Transaksi Manual

Transaksi manual bisa digunakan untuk menyampaikan kendala yang terjadi pada sistem.
Atau bisa juga digunakan untuk transaksi ketika sistem mengalami masalah.
Caranya:
  1. Silahkan login ke https://agentravel.id dan klik login
  2. Masukkan username dan password Anda
  3. Klik menu Transaksi Manual

Format Transaksi

1. Format Reschedule
Saldo Akhir Anda di system AgenTravel.id // Agent Code // Login ID // Reschedule //Pesawat // Kode Booking // Jadwal baru // E-mail
2. Refund (Cancel/di batalkan)
Saldo Akhir Anda di system AgenTravel.id // Refund // Agent Code // Login ID // Pesawat // Kode Booking // alasan
3. Penarikan Saldo (Penarikan Saldo minimal Rp. 100.000)
Saldo Akhir Anda // Agen Code // Login ID // Bank Tujuan // No Rek // Nama pemilik rekening tujuan // Jumlah yang ingin di transfer
Note:
* Dikenakan biaya Rp. 7.500/penarikan ke Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI)
* Hanya dilayani pada jam Kerja (07.00 WIB – 17.00 WIB)
4. TOP-UP Manual
Top Up // Agen Code // Login ID // Nama rekening pengirim // Nama Bank // Jumlah Transfer // Nama Bank Tujuan
Note:
* Biaya 5.000/TOP-UP
* GRATIS jika melakukan TOP-UP Otomatis ( BCA to BCA, Mandiri to Mandiri, BRI to BRI, OCBC to OCBC )
5. Penambahan ID Booking (Hanya Bisa untuk Booking. Untuk Print Tiket, Issued bisa melalui ID Master)
ID Booking // Agen Code // Login ID (Biaya Rp 100.000/ID Booking)
6. Komplain / Konsultasi / Saran 
Agen Code // Login ID // teks bebas ( tuliskan secara detail dan rinci masalah anda/saran)
7. Issued Susi Air
Saldo Akhir // Agent Code // Login ID // Issued // Susi Air // Kode Booking // Nama Pemumpang // Payment Code // Harga
Cara mendaftarkan Agen baru (khusus Distributor)



  1. Silahkan login ke https://agentravel.id dan klik login
  2. Masukkan username dan password Anda
  3. Pilih menu Administration – User list



4.Klik ADD di pojok Kanan Atas

5.Akan muncul layar untuk isi data-data agen baru. Lengkapi dengan nama, alamat, email, no hp, trading name ( bisa nama travel atau nama pribadi ) dan username untuk login.

6.Untuk agen baru, pilih rank sebagai reseller dan price type 2. Untuk mitra agen, pilih rank sebagai reseller dan price type 3.
7.Jika ada keterangan “login name already in database”, artinya username yang ingin didaftarkan sudah terdaftar pada database kami. Ganti username dengan yang nama yang lebih unik.
8.Klik OK dan agen baru anda sudah terdaftar. Silakan cek di menu administration-user list.
9.Infokan ke agen baru tersebut, cara login, username dan passwordnya.



Transaksi Pulsa



Transaksi Pulsa Via Website
  1. Buka link berikut ini: https://klikmbc.co.id/pulsa
  2. Akan muncul tampilan sebagai berikut

3.Pilih Operator dan nominal yang diinginkan
4.Masukkan username dan password Anda
5.Centang pada kotak Saya telah menyetujui syarat & ketentuan
6.Pastikan deposit mencukupi
7.Klik BELI PULSA

8.Akan muncul tampilan sebagai berikut:



Transaksi Pulsa Via SMS
  • TELKOMSEL // nominal // nomor tujuan
  • INDOSAT // nominal // nomor tujuan
  • XL // nominal // nomor tujuan
  • FLEXI // nominal // nomor tujuan
  • ESIA // nominal // nomor tujuan
  • THREE // nominal // nomor tujuan
  • AXIS // nominal // nomor tujuan
  • SMARTFREN // nominal // nomor tujuan
  • BOLT // nominal // nomor tujuan
  • BIZNET // nominal // nomor tujuan
  • Contoh: TELKOMSEL // 10000 // 081211111111
  • Daftar Harga pulsa: http://klikmbc.co.id/tabelpulsa



Transaksi PPOB

  1. Silahkan login ke https://agentravel.id/login
  2. Masukkan username dan password Anda
  3. Dihalaman depan, cari SISTEM PPOB

      4.Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:

5.Pilih jenis transaksi yang diinginkan
6.Masukkan data-data yang diperlukan
7.Masukkan username dan password Anda
8.Centang pada kotak saya telah menyetujui syarat & ketentuan
9.Klik Bayar Tagihan
10.Pastikan deposit Anda mencukupi

Cara Print Struk Tagihan
  1. Pilih menu yang bertulisan CETAK STRUK

2.Masukkan nomor invoice dan nomor pelanggan
3.Klik Cetak Struk
4.Untuk mencari keuntungan, silakan klik harga di biaya admin. Silakan tambahkan sendiri sesuai kebutuhan.



Transaksi via SMS

Layanan TOS adalah layanan transaksi apapun di sistem AgenTravel.id dengan menggunakan SMS, layanan ini hanya support SMS, tidak support Call/Telepon. Untuk bisa menggunakan layanan TOS (Transaksi Online SMS) maka No HP anda harus terdaftar terlebih dahulu,

Untuk berlangganan Transaksi Online SMS (TOS):
Ketik: reg // email // login ID // password
Berlangganan dikenakan biaya Rp 4.990/bln (berlaku 30 hari) dan otomatis diperpanjang setiap bulan

Untuk berhenti berlangganan Transaksi Online SMS (TOS):
ketik: unreg

SMS CENTER TOS kirim ke (pilih salah satu):
0821-8888-1550 (TELKOMSEL),
0822-1337-0001 (TELKOMSEL),
0822-1337-0002 (TELKOMSEL),
0822-1337-0003 (TELKOMSEL),
0822-1337-0004 (TELKOMSEL),
0822-1337-0005 (TELKOMSEL),
0822-1337-0006 (TELKOMSEL),
0822-1337-0007 (TELKOMSEL),
0822-1337-0008 (TELKOMSEL),
0857-7777-8505 (INDOSAT),
0857-7777-3212 (INDOSAT),
0898-4444-8000 (THREE)

Note:
SMS akan dijawab oleh Mesin secara Otomatis, bukan oleh admin, HANYA SMS YANG SESUAI FORMAT yang akan direply (NO CALL)

DAFTAR FORMAT TRANSAKSI ONLINE SMS (TOS):

1. Mendaftarkan Agen Baru melalui SMS:

ketik: register // nama // nama travel // alamat email agen baru

2. Mendaftarkan HP pelanggan:

ketik: reg // Nomor HP Customer // Email Customer

3. Cek harga Tiket Termurah:

ketik: murah // route // tgl-bln-thn Contoh: murah // jakarta-surabaya // 31-11-2014

4. Cek harga Tiket berdasarkan Maskapai:

ketik: nama maskapai // route // tgl-bln-thn Contoh: lion // jakarta-surabaya // 31-11-2014

5. Booking:

ketik: Booking // Flight no // Rute // tgl-bln-thn // Nama penumpang
Contoh: Booking // SJ-268 // CGK-SUB // 05-11-2014 // Mr. Awalludin
*setelah title (Mr. atau Mrs.) spasi Nama penumpang
Jika nama penumpang lebih dari satu maka beri tanda : (titik dua) sebagai pemisah antar nama penumpang,
Contoh: Booking // SJ-268 // CGK-SUB // 05-11-2014 // Mr. Awalludin : Mrs. Yuliana Wati Sitomorang
Note: Booking lewat SMS hanya berlaku hanya untuk rute Domestik saja dan hanya bagi penumpang dewasa saja.

6. TOPUP OTOMATIS

ketik: topup // Mandiri // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BCA // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BRI // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BNI // nominal top up // pemilik rekening pengirim
Contoh: topup // mandiri // 100000 // zulkarnaini

7. Transaksi manual

ketik: konsultasi // isi pesan

8. Melihat sisa saldo anda di sistem MMBC Airline

ketik: cek saldo

9. Issued Tiket Pesawat *

ketik: issued // kode booking // login ID // password
*pastikan login ID anda tidak dalam keadaan login

10. PPOB
– bayar // PLN // nomor pelanggan
– tagihan // PLN // nomor pelanggan
– bayar // PLN Pra Bayar // nomor pelanggan // Nominal  contoh: bayar // PLN Pra Bayar // 123456789 // 20000
– tagihan // SPEEDY // nomor pelanggan
– bayar // SPEEDY // nomor pelanggan
– tagihan // TELKOM // nomor pelanggan
– bayar // TELKOM // nomor pelanggan
– tagihan // TELKOMVISION // nomor pelanggan
– bayar // TELKOMVISION // nomor pelanggan
– tagihan // INDOVISION // nomor pelanggan
– bayar // INDOVISION // nomor pelanggan
– tagihan // OKEVISION // nomor pelanggan
– bayar // OKEVISION // nomor pelanggan
– tagihan // TOPTV // nomor pelanggan
– bayar // TOPTV // nomor pelanggan

Tabel Daftar Harga PPOB: 

11. Penarikan Saldoketik: tarik // jumlah
Note:
* Dikenakan biaya Rp. 3.000/penarikan
* Hanya dilayani pada jam Kerja (07.00-21.30)
* Penarikan hanya bisa ke rekening Co Branding MMBC-OCBC NISP

12. Pulsa
TELKOMSEL // nominal // nomor tujuan
INDOSAT // nominal // nomor tujuan
XL // nominal // nomor tujuan
FLEXI // nominal // nomor tujuan
ESIA // nominal // nomor tujuan
THREE // nominal // nomor tujuan
AXIS // nominal // nomor tujuan
SMARTFREN // nominal // nomor tujuan
BOLT // nominal // nomor tujuan
BIZNET // nominal // nomor tujuan
Contoh: TELKOMSEL // 10000 // 081211111111

Tabel Daftar Harga Pulsa dan Nominal yang tersedia: http://klikmbc.co.id/tabelpulsa
*Fokus bisnis kami adalah pada bidang Tour & Travelnya. Sistem pulsa elektrik dan data ini kami desain hanya untuk membantu Anda meningkatkan average sales yang berdampak pada omset bisnis Anda. Perputaran uang dan keuntungan paling besar bisa Anda dapatkan dari layanan Tour & Travelnya. Untuk sistem pulsa, kami telah integrasikan dengan layanan M-KIOS. Dari segi margin harga kami tetapkan seimbang. Baik untuk nominal paling rendah hingga nominal paling besar. Anda akan mendapati perbedaannya akan terlihat pada nominal pulsa 5000 dimana margin kami berada beberapa ratus rupiah diatas harga dasar dealer. Namun untuk pulsa dengan nominal selanjutnya sampai yang paling besar harga kami sangat kompetitif.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Menginap di Hotel Saat Backpacking? Mungkin Mustahil di Tempat Lain, tapi Tidak di Kuta Bali

Web Check-in : Cara Cerdas yang Beri Banyak Keuntungan Buatmu