Suka Makan Sushi? Ketahui Dulu Etiketnya Biar Santap Sushi Makin Nikmat!


Meskipun berasal dari Jepang, sushi sudah tidak asing di lidah masyarakat dunia. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran sushi di banyak kota dan negara. Racikan nasi yang pas dan topping yang tepat akan membuatmu tak bisa berhenti memakannya. Bicara tentang sushi, apakah kamu sudah tahu bahwa makan sushi ada etiketnya?
Ya, ternyata ada trik tersendiri saat makan sushi, karena jika cara makan sushikurang tepat, maka kualitas rasa sushi pun tidak maksimal. Sayang kan, sudah keluar uang untuk beli sushi, tapi rasa yang didapatkan ternyata tidak memenuhi ekspektasi? Berikut ini Nur Ima Tour & Travel  telah merangkum hal apa saja yang harus diperhatikan agar dapat menikmati sushi sebagaimana mestinya:

Kenali bahan pelengkap sushi

Ini adalah tiga bahan pelengkap sushi yang populer yaitu irisan jahe, ponzu, dan wasabi. (Sumber: Shutterstock)
Ini adalah tiga bahan pelengkap sushi yang populer yaitu irisan jahe, ponzu, dan wasabi. (Sumber: Shutterstock)
Sushi bukan sekadar nasi yang digulung dengan potongan daging ikan di atasnya. Lebih dari itu, sushi punya banyak bahan pelengkap yang menambah kelezatannya dan memberikan sebuah pengalaman makan yang unik. Umumnya, sushi terdiri dari empat bahan berikut ini:
  • Neta (bahan utama)
Neta merupakan bahan utama pembuatan sushi. Umumnya, neta ini berupa ikan, udang, kerang, gurita, dan telur ikan. Bahan ini bisa disajikan segar atau dimasak dengan tingkat kematangan berbeda.
  • Shari (nasi)
Selain netashari atau nasi juga menjadi bahan sushi yang tak boleh ditinggalkan. Nasi ini dibuat dengan campuran sejumlah bahan seperti cuka, garam, dan gula. Racikan yang tepat akan membuat nasi memiliki rasa gurih dan tekstur yang pas, padat dan tidak mudah hancur.
  • Yakumi
Yakumi bisa diartikan sebagai bumbu pelengkap dari sushi. Yakumi bisa menambah rasa dari racikan neta dan shari. Salah satu jenis yakumi yang tentunya tidak asing lagi bagi penggemar sushi adalah wasabi, yaitu saus yang terbuat dari akar lobak dengan rasa pedas dan ‘panas’ di lidah.
  • Chomiryo
Chomiryo merupakan bumbu pelengkap lain dalam penyajian sushi. Yang termasukchomiryo ini adalah bubuk cabai dan ponzu, yaitu saus khas Jepang yang terbuat dari kecap, air jeruk, cuka beras, dan beberapa bahan lainnya.

Makan sushi pakai tangan atau sumpit?

Memegang langsung dengan tangan bisa menjaga bentuk sushi tetap baik dan tidak hancur dibandingkan jika kamu menggunakan sumpit. (Sumber: Shutterstock)
Memegang langsung dengan tangan bisa menjaga bentuk sushi tetap baik dan tidak hancur dibandingkan jika kamu menggunakan sumpit. (Sumber: Shutterstock)
Setiap orang punya cara masing-masing untuk menikmati sushi, entah itu menggunakan sumpit atau langsung dengan tangan. Namun, para chef di Jepang memiliki saran tentang cara menikmati sushi  yang tepat, serta kapan harus menggunakan sumpit dan tangan.

Kapan saat yang tepat untuk menikmati sushi dengan sumpit?

Hampir setiap kali disajikan, sushi ditemani sepasang sumpit atau yang biasa disebut dengan waribashiSushi yang cocok dimakan dengan menggunakan sumpit adalah yang berbentuk roll atau gulung. Hal ini dikarenakan penggunaan sumpit pada sushigulung tidak akan merusak bentuknya.


Kapan saat yang tepat untuk menikmati sushi dengan tangan?

Ternyata, cara makan sushi yang dilakukan sejak zaman dahulu adalah langsung menggunakan tangan, tanpa sumpit. Dengan menggunakan tangan, bentuk dan tekstur sushi lebih terjaga dan tidak mudah hancur. Segala jenis sushi bisa dinikmati secara langsung tanpa sumpit, kecuali sashimi.  Sashimi sendiri merupakan irisan daging ikan segar yang dicampur dengan cuka khas Jepang dan disajikan bersamawasabi, lobak, dan dedaunan lain.

Anjuran dan larangan saat makan sushi

Mengoper sushi ke teman sebaiknya tidak dilakukan dari sumpit ke sumpit lain, tapi taruh dulu di atas piring. (Sumber: Shutterstock)
Mengoper sushi ke teman sebaiknya tidak dilakukan dari sumpit ke sumpit lain, tapi taruh dulu di atas piring. (Sumber: Shutterstock)
Makan sushi juga ada etiketnya, lho. Tidak asal makan, ada sejumlah anjuran dan larangan dalam menikmati makanan lezat ini.

Anjuran

  • Minta chef menyajikan sushi yang direkomendasikan. Cara ini dianggap sopan dan menghargai usaha mereka dalam membuat sushi sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk  menyarankan sushi terbaik yang wajib kamu coba.
  • Sushi sebaiknya dimakan dalam sekali suap. Bentuk sushi akan mudah hancur jika kamu memakannya dengan cara digigit sebagian.
  • Celupkan sushi di saus seperlunya saja. Terlalu banyak menggunakan saus akan membuat chef merasa tersinggung karena menganggap kamu tidak puas dengan rasa sushi yang dibuatnya hingga butuh bantuan saus untuk membuatnya lebih lezat.
  • Usahakan membalik sushi saat ingin mencelupkannya ke dalam saus. Jikasushi yang kamu pesan berbentuk nasi dengan daging ikan di atasnya, celupkan bagian ikannya karena bentuk sushi akan hancur jika kamu mencelupkan bagian nasinya.
  • Gunakan pangkal sumpit untuk mengambil sushi di piring saji jika kamu makan di sushi bar. Menggunakan ujung sumpit untuk memindahkan sushi dari meja ke piringmu dianggap kurang sopan.

Larangan

  • Jangan menggosok sumpit (sekali pakai) untuk membersihkan serpihan kayunya. Melakukan ini di restoran akan dianggap kurang sopan karena secara tidak langsung, kamu mengatakan bahwa mereka menyediakan sumpit dengan kualitas yang buruk.
  • Jangan minta sendok. Sendok bukan alat yang tepat untuk menyantap sushi.
  • Jangan membayar atau menyerahkan uang ke chef karena mereka harus tetap menjaga kebersihan tangannya  saat membuat sushi.
Meskipun sushi bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai kota, menyantapnya langsung di negaranya akan menjadi satu momen tak terlupakan. Selain citarasa yang autentik, kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang etiket makan sushi di sana. Jadi, kapan liburan ke Jepang?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Menginap di Hotel Saat Backpacking? Mungkin Mustahil di Tempat Lain, tapi Tidak di Kuta Bali

Tutorial Marketing Plan ''NUR IMA Tour & Travel''

Web Check-in : Cara Cerdas yang Beri Banyak Keuntungan Buatmu